Bayern Munich

Fußball-Club Bayern München e.V., juga dikenal sebagai FC Bayern München (pengucapan bahasa Jerman: [ʔɛf ˈt͡seː ˈbaɪ̯ɐn ˈmʏnçən]), FC Bayern Munich, atau FC Bayern, adalah sebuah klub olahraga Jerman yang berbasis di München, Bavaria. Hal ini terkenal karena tim sepak bola profesional, yang bermain di Bundesliga, peringkat teratas sistem liga sepak bola Jerman, dan merupakan klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Jerman, setelah memenangkan rekor 25 gelar nasional dan 16 piala nasional.[2]

FC Bayern didirikan pada tahun 1900 oleh sebelas pemain sepak bola yang dipimpin oleh Franz John.[3] Meskipun Bayern memenangkan kejuaraan nasional pertamanya pada tahun 1932,[4] klub itu tidak dipilih untuk Bundesliga pada awal tahun 1963.[5] Klub memiliki periode yang sukses terbesar di tengah tahun 1970-an, di bawah kapten dari Franz Beckenbauer, memenangkan Piala Eropa tiga kali berturut-turut (1974-1976). Secara keseluruhan, Bayern telah mencapai sepuluh final Piala Eropa/Liga Champions, yang terakhir memenangkan gelar kelima mereka pada tahun 2013 sebagai bagian dari treble benua. Bayern juga telah memenangkan satu Piala UEFA, satu Piala Winners UEFA, satu Piala Super UEFA, dua Piala Interkontinental dan satu Piala Dunia Antarklub FIFA, membuatnya menjadi salah satu klub Eropa yang paling sukses di dunia. Sejak pembentukan Bundesliga, Bayern telah menjadi klub yang dominan dalam sepak bola Jerman dengan 25 gelar dan telah memenangkan lima dari sepuluh gelar terakhir. Mereka memiliki persaingan lokal tradisional dengan TSV 1860 München dan 1. FC Nürnberg, serta persaingan kontemporer dengan Borussia Dortmund.

Sejak awal musim 2005-06, Bayern telah memainkan pertandingan kandang di Allianz Arena. Sebelumnya tim telah bermain di Olympiastadion München selama 33 tahun. Warna tim merah dan putih, dan puncak tim menunjukkan bendera putih dan biru Bavaria. Dalam hal pendapatan, Bayern München adalah klub olahraga terbesar di Jerman dan klub sepakbola terbesar keempat di dunia, menghasilkan € 368.400.000 pada tahun 2012.[6] Dengan 223.985 anggota Bayern adalah klub olahraga terbesar kedua di dunia dalam hal keanggotaan, hanya hanya singkat dari pertama di dunia pada ukuran ini, klub Portugal, Benfica. Ada juga 3.576 klub penggemar resmi terdaftar dengan 262.077 anggota. Klub ini memiliki departemen lain untuk catur, bola tangan, basket, senam, bowling, tenis meja, wasit, dan sepak bola senior lebih dari 1.100 anggota aktif.[9]

FC Bayern saat ini kedua dalam peringkat koefisien klub UEFA.

Sejarah

Pertandingan pertama Bayern München melawan Nuremberg di 1901

Setelah pertikaian antara manajemen klub dan pemain dari MTV 1879 München di bar “Gisela” di Schwabing, 11 pemain memutuskan untuk memisahkan diri dan membentuk klub sendiri dibawah manajemen Franz John pada 27 Februari 1900. Nama yang dipilih untuk klub yang baru adalah FC Bayern München. Ini adalah awal dari cerita sukses yang unik Kemenangan pada tahun 1932 di Nuernberg pada final melawan Eintracht Frankfurt adalah kemenangan pertama dari total 20 gelar kemenangan. FC Bayern München tidak ikut saat Bundesliga dibentuk. Namun pada tahun 1965, klub ini dipromosikan dan menjadi nomor tiga pada musim berikutnya dan sejak saat itu menjadi anggota tetap di Bundesliga, memenangkan 21 gelar kemenangan Bundesliga dan menempatkan klub ini diurutan utama dari Bundesliga. Sejauh ini, FC Bayern München adalah klub tersukses.

Seratus tahun pertama Bayern München, Sejarah dan kisah suksesnya dimulai dan diakhiri dengan nama Franz. Apakah ini suatu kebetulan bahwa Franz John yang mendirikan FC Bayern dan seabad kemudian dengan Franz yang berbeda, kali ini Beckenbauer yang memimpin Bayern München menjadi klub yang disegani dan ideal dengan setumpuk gelar dibelakangnya pada abad yang baru sebagai presidennya. Banyak hal yang membedakan masa dulu dan sekarang. Franz John mendirikan dan membangun Bayern dari nol dan relative senang dengan hasil kemenangan 7-1 Bayern dalam pertandingan pertamanya melawan tim sebelumnya, MTV 1879. Tapi John juga memberikan klub yang “karismatik” ini dengan keunikan pertamanya. Pada awal mulanya, orang mengenal sebagai Bayern, kemudian sebagai Schwabinger Bayern, dari topi unik para pemainnya. Pada masanya, Franz Beckenbauer telah membantu Bayern München menjadi seperti dirinya saat ini: klub internasional dengan jutaan penggemar, sebuah institusi yang menjangkau sampai jauh di luar persepakbolaan Jerman Tidak pernah dalam impiannya yang tergila sekalipun Franz John membayangkan bahwa timnya akan menjadi juara Jerman, juara Piala Eropa dan bahkan pemenang kejuaraan antar klub internasional.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s